Sabtu, 04 Februari 2017

sapi sonok madura

Posted By: Helmy Ekaputra Nugraha - 17.36
SAPI SONO' merupakan salah satu budaya dari dempo barat yang sangat kental di masyarat sekitar. Sapi sono' adalah sebuah kontes sapi dimana sapi akan berjalan beriringan seperi model dengan diiringi musik serone. Kehadiran kontes sape’sono’ tidak bisa di lepaskan dengan aspek geologis, struktur kemasyarakatan, budaya dan teknologi pemeliharaan sapi yang berkembang di masyarakat pendukungnya. Termasuk juga peran pemererintah dalam mendorong peternak sapi menjaga dan mengembangkan kualitas sapi ternak.
            Di pamekasan wilayah utara ditemukan usaha masyarakat setempat untuk mengembangkan sape’ sono’. Sedangkaan perlakukan masyarakat terhadap sapi ternak di wilayah selatan dan wilayah utara sedikit berbeda. Walaupun, secara umum masyarakat peternak masih mengambil jasa terhadap tenaga ternaknya seperti kegiatan petani,yaitu membajak sawah tetapi di wilayah utara perlakuan khusus terhadap ternaknya upaya mempertahankan kualitas sapi. Berawal dari perlakuan inilah muncul seni tradisional yang berkaitan dengan cara dan kebanggan peternak terhadap sapi ternaknya, seperti sape’ taccek dan sape’ sono’. Munculnya traisi sape’ sono’ di pamekaan, selain berhubungan dengan lahirnya bibit-bibit sapi betina yang dari pejantan unggul, juga tidak bisa dilepaskan dan kegemaran dan kebiasaan masyarakat terhadap usaha pertanian dan pemeliharaan sapi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa tradisi sape’sono’ memiliki perjalanan yang cukup panjang. Berasal dan kebiasaan memanfaatkan tenaga sapi untuk membajak sawah, memandikan dan menjemur atau memajang sapi yang kemudian dikenal dengan sape taccek, dan terakhir kontes atau festival sape’sono’ diakui sebagai kesenian khas pamekasan.

            Sape’ taccek adalah sapi yang di pajang dengan menggunakan tali dan ditambat pada dua pohon atau ditambatkan e’taccek pada dua buah patok. Taccek adalah sepotong kayu atau bamboo atau bambu yang ditancapkan dipekarangan rumah para peternak yang digunakan untuk memajang atau menaruh sapinya.

About Helmy Ekaputra Nugraha

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Dempo Barat - Pasean

Blogger Templates Designed by Templatezy