Jumat, 03 Februari 2017

Sejarah Desa Dempo Barat

Posted By: Helmy Ekaputra Nugraha - 00.10
Asal mula terbentuknya desa dempo barat bermula dari pertempuran antar dua pangeran yakni pangeran Dempo Abang dan Joko Tole. Peperangan ini berlangsung diatas udara, yang mana Dempo Agung sendiri menaiki perahu dan Joko Tolemenaiki Kuda Terbang. Pada akhirnya  pertarungan ini dimenangkan oleh Joko Tole, pangeran Dempo Abang tidak  bisa menghindari pukulan Joko Tole yang mengenai Perahu Dempo Abang, dan karena pukulan Joko Tole perahu yang dikendarai oleh Dempo Abang hancur dan berserakan hingga di Dempo.


 Pecahan perahu yang berserakan di desa tersebut  masyarakat setemapat mengira itu adalah jasad dari Dempo Agung. Sehingga masyarakat setempat memberikan nama desa tersebut dengan Dempo. Di Dempo sendiri terdapat terdapat bukit yang berbentu seperti perahu, bukit berbentuk yang perahu itu sudah bisa dijadikan bukti bahwa zaman dulu telah terjadi pertarungan antara Dempo Abang dan Joko Tole.
Dahulu Dempo hanya terdiri satu wilayah saja, karena Dempo memiliki wilayah yang begitu luas wilayah untuk satu desa. Sehingga wilayah desa Dempo dibagi menjadi dua wilayah yakni Desa Dempo Basrat dan Desa Dempo Timur.
Dempo Barat merupakan sebuah desa/kelurahan yang merupakan wilayah pasean, kabupaten pamekasan. Desa ini memiliki sejumlah dusun di dalamnya. Desa Dempo Baratdipimpin oleh Kepala Desa:
1.    H. Ibrahim
2.    H. Said
3.    H. Mutaram
4.    H. Achmad Hairuddin (42 tahun)
5.    H. Cipto Prayitno (16 tahun)
6.    Sukandar (6 tahun)
7.    Joko Pranoto (Saat ini)

About Helmy Ekaputra Nugraha

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Dempo Barat - Pasean

Blogger Templates Designed by Templatezy